Buat Theme WP: Konten

Bukan blog namanya kalau ndak memunculkan konten. Nah, tutorial membuat theme WP kali ini akan beranjak turun ke bawah yaitu ke bagian konten. Disini nanti akan kita munculkan artikel-artikel blog yang sudah susah payah dan berpeluh serta berderai air mata kita tulis dengan tinta emas kita… *lebay*

Untuk itu mari fokus lagi ke index.php dan kita akan mengutak-atik kode ini:

  1. <div id=”content”>
  2.    Artikel akan muncul disini
  3. </div>

Looping

Stop dulu! sebelum kita beranjak ke kode, saya perlu jelaskan dulu soal istilah looping. Looping artinya perulangan. Dalam WordPress pengulangan ini dilakukan untuk menampilkan artikel. Misalnya di halaman depan kita setting untuk tampil 10 artikel, maka looping akan melakukan pengulangan perintah menampilkan artikel hingga 10 kali.

Untuk melakukan loop, biasanya kita memakai perintah while. Yang artinya, selama masih ada artikel yang ingin ditampilkan, maka ulangi lagi. Perintah ini sangat fleksibel. Ketika kita membuat halaman artikel, berarti kan disana cuma ada 1 artikel saja yang akan ditampilkan. Maka while pun akan bekerja 1 kali saja. Enak kan?

Banyak fungsi-fungsi WP yang harus dimasukkan dalam loop ini. Artinya anda tidak bisa meletakkan di luar loop. Contoh yang paling sering ditemui adalah fungsi the_title, the_content, the_date, dll.

Sekarang kita coba belajar bikin loop dulu. Ini kodenya. Pasang kode ini menggantikan tulisan Artikel akan muncul disini

  1.   <div id=”content”>
  2.    <?php if ( have_posts() ) : ?>
  3.     <?php while ( have_posts() ) : the_post(); ?>
  4.       <?php the_title();?><br/>
  5.     <?php endwhile;?>
  6.    <?php endif;?>
  7.   </div>

Kita bahas satu per satu ya. Pertama fungsi have_posts(). Fungsi ini untuk mengecek apakah ada tulisan yang ingin ditampilkan. Kita pakai fungsi IF untuk pengecekan. Jika have_posts ada isinya, maka perintah di bawahnya akan di eksekusi. Jika tidak ya langsung ke endif.

Kemudian while seperti dijelaskan diatas. Selama ada tulisan (have_post) maka the_post. Fungsi the_post digunakan untuk mengambil data di have_post dan kemudian dengan fungsi-fungsi lainnya kita akan menampilkannya satu per satu.

Sebagai bahan belajar kali ini, kita cuma akan menampilkan judul blog saja dan mengakhirinya dengan tanda <br/> untuk mengganti baris.

Sekarang jika anda melihat blog, maka akan ada judul-judul artikel disana. Cobalah membuat beberapa artikel agar terlihat bagaimana loop bekerja.

Nah, silahkan berkreasi, ingin menampilkan apa di blog anda. Dan ini beberapa fungsi yang bisa anda pakai:

– the_permalink : digunakan untuk menampilkan URL artikel
– the_title : untuk menampilkan judul artikel
– the_content : untuk menampilkan konten artikel. Jika lebih dari 1 artikel, maka yang muncul cuma sampai tanda readmore
– the_excerpt: untuk menampilkan beberapa karakter awal artikel dan menghilangkan kode HTML-nya
– the_time : untuk menampilkan kapan artikel ini di publikasikan
– the_author : untuk menampilkan penulisnya
– the_category : untuk menampilkan kategori artikel

Untuk menambah wawasan anda, silahkan coba baca-baca daftar template tags dari codex.wordpress.org

Berhubung beberapa hari ke depan saya agak sibuk di offline, jadi insya Allah kita akan jumpa lagi hari Senin ya. Sebagai PR, silahkan anda utak-atik deh fungsi-fungsi itu dan tempatkan diantara while dan endwhile.

%d bloggers like this: