Membangun Theme WP: Style.css

Oke, sekarang kita mulai dengan membangun style dulu. Sebenarnya sih cara kerjanya bergantian antara file index.php dan style.css. Tapi karena informasi theme ada di file style.css, maka file inilah yang pertama kali kita buat.

Sebelum bicara terlalu banyak, untuk membuat theme WordPress anda membutuhkan sebuah server lokal (localhost). Anda bisa pakai AppServ, XAMPP atau yang lainnya untuk membangun server lokal di komputer pribadi. Sangat tidak bijaksana kalau anda membangun langsung di hosting. Selain boros bandwidth juga boros waktu. Saya anggap anda sudah tahu soal instalasi WordPress di localhost dan cara mengaktifkan themes. Kalau belum bisa, sebaiknya anda belajar dulu :)

Saya juga menganggap anda tahu bagaimana cara membuat file PHP. Kalau ini juga belum bisa, silahkan pelajari dulu ya? Oke, jika sudah siap, kita buat dulu folder tempat theme kita. Kita akan namakan theme ini dengan: themegue. Jadi, silahkan buat folder /themegue/ di wp-content/themes.

Berikutnya semua file yang kita buat harus masuk di folder ini. Siap?

File pertama yang kita buat adalah style.css. File ini akan menangani semua tampilan theme kita. Untuk kustomisasi style, anda bisa baca referensi soal CSS. Tapi disini kita akan langsung pakai perintah-perintah CSS yang kita terapkan di theme.

Pertama, kita isi file style.css dengan keterangan seperti ini:

  1. /*
  2. Theme Name: Theme Gue
  3. Theme URI: http://wordpress.or.id/
  4. Description: Theme Pertama yang Gue Buat untuk Bangsa Indonesia Tercinta
  5. Author: Lutvi Avandi
  6. Author URI: http://lutviavandi.com/
  7. Version: 1.0
  8. */

Theme Name: isilah dengan nama theme yang ingin anda buat
Theme URI: isilah dengan tempat mendownload theme ini
Description: isilah dengan diskripsi singkat theme anda. Jika mau diupload ke wordpress.org anda harus mengisinya dalam bahasa Inggris
Author: isilah dengan nama anda (mau pakai nama saya boleh hehehe)
Author URI: isilah dengan URL blog pribadi anda (kalau punya)
Version: isi dengan versi themesnya. Idealnya sih dimulai dari 1.0

Simpanlah file tersebut dan sekarang coba anda cek di bagian Appearance – Themes. Themes-nya belum muncul kan? hehehe… itu karena 1 file lagi belum ada yaitu index.php. Nah, bikin deh file index.php di dalam folder themegue tadi. Tidak perlu diisi dulu, kosongan aja.

Sekarang seharusnya di menu Appearance – Themes sudah ada sebuah theme baru dengan nama Theme Gue. Silahkan aktifkan.

membuat theme wordpress

Jika anda nekat mau melihat blog anda. Saya jamin isinya cuma blank doang. hehehe.. Namanya juga theme belum jadi. Insya Allah besok kita akan belajar bagaimana cara mengisinya. Untuk saat ini kita tinggalkan dulu file style.css

Selanjutnya — >

%d bloggers like this: