Membangun WP Theme: index.php

Oke, inilah pertemuan ketiga kita dalam sharing cara membangun theme WordPress sendiri. Ini masih tingkat basic sehingga kita sama sekali belum mengutak-atik design sama sekali.

Setelah sebelumnya kita bahas soal pembuatan folder, dan penamaan theme melalui style.css, kita akan melangkah ke bagian yang lebih rumit sedikit yaitu file index.php. File ini bekerja sebagai pengatur apa saja yang ingin kita tampilkan di blog. Jadi ibaratnya gini, index.php itu mengatur pasukannya, dan style.css mengatur seragamnya. Paham kan?

Semua file theme menggunakan bahasa PHP, dan tentu saja bisa disusupi tag HTML mengingat hasil akhirnya nanti juga berupa HTML setelah diproses di server. Anda bisa pelajari lebih dalam soal PHP di http://www.php.net. Kita akan langsung saja mengisi file index.php yang sudah kita buat kemarin tapi masih kosong.

Untuk awalnya, kita isi dengan standart HTML biasa seperti ini:

  1. <html>
  2.    <head>
  3.       <title>Judul Blog</title>
  4.    </head>
  5.    <body>
  6.       <h1>Judul Artikel</h1>
  7.       <p>Artikel yang ingin dimunculkan</p>
  8.    </body>
  9. </html>

Simpan dan coba buka blog anda. Seharusnya sekarang sudah muncul tulisan kan? Nah, itulah caranya memunculkan tulisan di blog melalui theme. Anda bisa gunakan perintah PHP dan tag HTML apapun disini. Suka-suka aja.

%d bloggers like this: